Feb 19, 2011

Cara Murah Kamera Webcam Support Inframerah

Penjelasan  Cara Murah Kamera Webcam Support Inframerah, bagi yang ingin menggunakan webcam IR,
Daripada beli camera inframerah asli yang mahal, mendingan membuat Camera Infra Red (Cam IR) sendiri. Mungkin udah banyak yg tau, tapi buat yg belum tau silahkan dibaca.

NB : Cara merubah WebCam menjadi Inframerah (IR) ini bisa dibilang gampang-susah, karena kalo GAGAL hasilnya bisa blank / black cam. Tapi kalo BERHASIL, bisa oncam IR keren.

Sebelumnya jika thread ini bermutu, ane mengarap dan bagi yang sudah ahli dalam melakukan bongkar pasang oprek.. agar share dan kupas bareng, ane makin semangat buat teman yg sekiranya berguna kenapa tidak dibongkar..


ok kita mulai dari yg pertama...

langkah awal kita siapkan

# Alat dan Bahan yang Dibutuhkan:
- Webcam (sekitar 100 ribuan)
- Obeng kembang ukuran kecil / sedang
- Obeng Minus Kecil / Jarum
- Negatif film
- LED Infra-Red
- Gunting

1. Membuka Casing Webcam
Langkah pertama pastinya membuka casing webcam dibagian bautnya menggunakan obeng yg udah disediakan tadi. Masing-masing cam berbeda bentuk dan jenis bautnya.

2. Membuka Unit Lensa
Kalo udah kebuka, langsung buka juga bagian unit lensa cam. Ada yang langsung keliatan lensa cam-nya, tapi ada yang harus sampe membongkar bagian lensa.


3. Melepas Lensa
Kalo udah dibagian inti lensa, coba lepas unit cam dengan teliti dan hati-hati. Jangan sampai salah atau merusak lensa, karna bisa blank. Kamu bisa gunakan obeng minus kecil atau jarum.


4. Melepas Filter Cam
Kalo udah kebuka dan terlepas lensanya, nanti akan ada 2 - 3 bagian. Nah bagian "B" atau Filter ini lah yang kamu buang, karna filter ini berfungsi menyaring sinar inframerah dan mencegah noise pada gambar.

Sebenernya 4 cara diatas udah cukup untuk merubah tampilan webcam menjadi InfraRed (cam IR). Untuk hasil maksimal harus didukung dengan "Pencahayaan" disekitar camera atau muka kita.
Tapi kalo ingin hasil lebih maksimal, bisa dilanjut dengan langkah berikutnya >>

5. Memotong Filter Pelewat InfraMerah
Negatif film over-exposured (warna hitam) yang udah di cuci, gunting seukuran "Filter" asli webcam. Filter baru buatan ini bisa menangkap sinar inframerah dan memblokir sinar lainnya.

6. Memasang Filter Baru Ke Dalam Lensa
Selanjutnya rakit lagi seperti saat melakukan pelepasan lensa tadi. Pasang filter baru, karet (kalo ada), dan lensanya. Selanjutnya pasang kembali casing cam dengan rapi.

0 comments

POPULER